Selasa, 25 Agustus 2009

Penjiplak. eh.. Pencuri Budaya










Akhir - akhir ini ramai dibicarakan masalah "malaysia" karena permasalahan pencurian budaya Indonesia.

Dalam iklannya untuk "visit malaysia" negara tersebut sering kali menampilkan kebudayaan kebudayaan Indonesia, untuk dikomersilkan di negaranya. Tanpa dasar yang jelas, dia pun ingin mematenkan budaya Indonesia sebagai budaya mereka.

Pernyataan terakhir yang membuat warga Indonesia geram, adalah ketika negara tersebut mengiklankan "Tari pendet, Bali dan Wayang Kulit, Jawa tengah" menjadi bagian kebudayaan negara tersebut yang dapat dikomersilkan.

Ketika banyak warga negara Indonesia yang protes akan hal tersebut, negara itu pun berdalih "orang bali-nya sendiri yang menjadi warga negara malaysia. Lha? pernyataan yang sangat aneh bukan.

Sekarang kita berpikir logis saja. Apabila ada orang India yang menjadi WNI, apakah lantas kita mengaku2 bahwa berbagai kebudayaan India seperti lagu2nya, atau tarian2 khasnya, atau kain2 nya dan sebagainya menjadi bagian dari Indonesia? atau juga kita dapat berpikir sebaliknya, apabila warga negara Malaysia menjadi WNI, lantas.. apakah kita mengaku ngaku menara petronas itu milik kita? padahal jelas jelas ada di negara mereka?
sama saja bukan. dengan kebudayaan bali. yang jelas-jelas berasal dari pulau bali, dan masyarakat bali. lalu tiba-tiba diaku sampai ke negara sebrang. *non scene*! wahaha. sepertinya.. anak kecil juga bisa berfikir soal itu.


oiya, dari salah satu blog yang saya temukan di google, saya menemukan kata yang intinya "jika dunia tau, dan telah diakui UNESCO bahwa batik itu adalah asal indonesia, kenapa indonesia mesti ribut? apakah mereka takut dunia meragukan batik asal indonesia? dan beralih meyakini batik asal malaysia. dan, lalu apabila malaysia mencuri dari Indonesia, terus apa yang hilang"
jujur, kalimat di atas membuat saya sangat geram ~~". uuuf. memang sebagian orang sudah lelah pada masalah ini. tetapi, apabila tidak ada satu orang pun yang peduli terhadap masalah ini. lalu, siapa yang mau menjaga kebudayaan dan kekayaan kita?
*kembali ke topik*
kalimat yang diucapkan salah satu blogger malaysia di atas. OH.. tidak pernahkah dia BERFIKIR? adanya, segala keuntungan komersial yang didapatkan negaranya. adalah HASIL CURIAN? ataupun juga tak pernahkah dia berfikir, atau diajarkan di sekolahnya MENCURI itu artinya apa? ckckck...
ini urusan antar negara. bukan antar tetangga, atau perkawanan. masalah ini sebenarnya masalah besar. lantas, mengapa negara sebrang tersebut meremehkan masalah ini, kemudian seenaknya mengklaim kebudayaan negara lain.
tidakkah kalian ingat, hukum mencuri: di penjara. hukum mencuri menurut agama islam, yang ditetapkan di arab: dipotong tangan. lalu? apakah dengan mencuri kebudayaan negara lain, negara yang bersangkutan akan mendapatkan berkah? mendapatkan keuntungan. Maaf saja ya, itu semua semu. Itulah entah apa segala pemikiran pendek yang dilakukan oleh orang-orang yang tidak berfikir.

hahhaa... miris. kenapa bisa2nya timbul masalah seperti ini. Bahkan, masalah hak cipta sebuah lagu saja bisa dipermasalahkan sedemikian rupa. karena pengarang aslinya tak rela miliknya diaku oleh orang lain. Lalu? masalah kebudayaan. yang berada sejak beratus tahun lalu, mau dicuri? ckckck...

"yang punya siapa... yang mau ambil untung siapa... ckckck. bisa ya? menikmati keuntungan hasil yang bukan miliknya? ingat... pada ajaran agama saja diajarkan untuk tidak boleh mencuri? lantas, suatu negara... mencuri dari negara lain? haha. miris."


*maaf. bila ada salah2 kata. ini opini dan reaksi saya saja. Terima Kasih*



oleh: Rr. Wahyu Nurul Fitri R

2 comments:

×÷·´¯`·.·•[ peace ]•·.·´¯`·÷× mengatakan...

disamping tugas pemerintah utk melindungi aset budaya bangsa namun kita sebagai generasi bangsa jgn berhenti untuk mempelajari budaya nenek moyang kita agar tidak di ambil oleh malingsia.salam Indonesia damai.

nurul sora mengatakan...

ya betul sekali.
kita sebagai anak bangsa harus menjaga betul kekayaannya. siapa lagi yang mau menyelamatkannya jika bukan kita sendiri?

Posting Komentar

Mohon kritik & sarannya yang membangun...
jangan menjatuhkan, ataupun semacamnya.
Terima kasih atas partisipasinya ^^

Related Posts with Thumbnails