Rabu, 14 April 2010

Internet dan Kehidupan


Yap. para bloggers.. setelah lama saya tidak posting apapun di sini.. sempat saya berpikir "harus posting apa lagi?"
Tapi, saya sadari.. keinginan posting, keinginan menulis, semua mengalir seperti air. (Saya sadari hal ini ketika membaca Blog Putra Noveka sore tadi.
Di dalam blognya, terdapat sebuah posting mengenai pemenang blog yang selalu menulis kegiatan sehari-harinya, tentang isi nya yang bisa begitu saja mengalir dari sang bloggers. Saya sangat salut.
Oleh karena itu, keinginan saya untuk "memaksakan" memposting sesuatu di sini batal. Hingga sampai beberapa menit lalu saya tiba-tiba mempunyai ide untuk posting kembali.
Yah.. mengenai masalah paling umum. "internet"


Internet... hmmm. apa sih sebenarnya internet tersebut?
Hasil yang baru saja saya dapatkan di id.wikipedia.org adalah:

Secara harfiah, internet (kependekan dari interconnected-networking) ialah rangkaian komputeryang terhubung di dalam beberapa rangkaian. Manakala Internet (huruf 'I' besar) ialah sistem komputer umum, yang berhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol). Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet

Hmm,,, mungkin pengertian yang saya dapatkan di atas "terlalu baku". Sedangkan, yang ingin saya bahas sekarang ini di sini sekarang adalah. "Apa arti internet bagi kalian dan kehidupan?"

Baru saja, saya menonton anime "Durarara!!!" yang saya nilai, di dalam anime tersebut memperlihatkan sisi pengaruh internet terhadap kehidupan yang sangat besar. Dimana sebuah koneksi kecil dapat mengubah tindak laku seseorang, sifat, dan bagaimana mereka hidup. Sungguh fungsi yang luar biasa..

Saya rasa, hal tersebut bukanlah hanya fiksi belaka. Saya perhatikan, tidak sedikit dari kita sudah kecanduan internet. Dimana bahkan seorang anak sd ketagihan memainkan facebook misalnya, ikut dalam berbagai jenis forum, belajar bersosialisasi, bahkan kita pergi "kemanapun" kita mau di dalam internet.
Dunia internet menjadi sangat dan semakin meluas. Hanya dengan "klik" kita bisa mengakses banyak hal.
Dapat melihat berbagai keindahan dunia, memesan segala macam hal secara online, bahkan juga mencari jodoh misalnya.

Internet.. hmm.. sekali lagi saya jadi ingin bertanya. Apa artinya?
jaringan ini begitu mempengaruhi kehidupan (termasuk saya pribadi). Membuat saya bertemu banyak teman di dalamnya, masalah, kesenangan, pusing, dan segala macamnya.
Kecanggihannya.. mempertemukan berbagai macam orang di tempat yang berbeda.. membuat mereka saling mengenal. Dan "hidup" di dunia internet.

Beberapa arti internet, dari yang saya perhatikan:
1. Internet sebagai ajang mencari jodoh
2. Internet sebagai ladang bisnis besar
3. Internet sebagai jalur yang memberikan kemudahan untuk hidup
4. Internet sebagai alat kita untuk mencari ilmu
5. Internet sebagai pelampiasan emosi
6. Internet sebgai jalan bersosialisasi, dan banyak hal lagi
dan,... kesekian... adalah:
Internet sebagai sebuah kehidupan bagi pemakainya.

Sadar atau tidak menyadari, setiap pemakai internet sudah jatuh ke dalam salah satu yang saya sebutkan di atas tadi. Entah dia hidup ataukah tidak hidup secara penuh di dunia maya ini.. mereka.. kalian.. dan saya.. yang pernah menggunakannya sudah menjadikan internet salah satu dari kehidupan.
Entah bagaimana kalian mengartikan kehidupan yang bagaimana. Hanya saja, saya ingin menegaskan suatu hal. Bahwa: semaya-maya nya dunia maya.. tidak selamanya yang ada di sini adalah "maya" mereka pun nyata. Nyata layaknya manusia yang sedang berbicara dengan manusia lain di dunia nyata, berinteraksi, berbisnis.. sama juga dengan tipuan.. penghinaan, dan lain sebagainya.. yang jelas tidak hanya dilakukan di dunia maya.. di dunia nyata pun mereka bisa melakukannya.
Justru, hal-hal seperti itulah yang membuat dunia maya ini menjadi begitu nyata. Sama seperti kehidupan kita biasanya. Dan bagaimana kehidupan "maya" ini kita pandang? tergantung dari kita menyikapinya. Baik buruknya. Untung Ruginya. Dan segala macam hal.

Dan juga... saya menambahkan, senyata nyata nya dunia nyata.. masih banyak hal yang maya.. palsu.. tidak kita ketahui keberadaannya. misterius...
Walaupun semua "Terlihat" tetapi, apa yang kita lihat belum tentu apa yang sebenarnya.

Dan, walaupun semua terlihat rumit.
Tetapi, itulah kehidupan... dengan ke maya-annya dan kenyataannya.

2 comments:

Rizky2009 mengatakan...

kalau posting menceritakan tentang kehidupan sehari2 namanya life blogging

Nurul Fitri Sora mengatakan...

terima kasih informasinya =)

Posting Komentar

Mohon kritik & sarannya yang membangun...
jangan menjatuhkan, ataupun semacamnya.
Terima kasih atas partisipasinya ^^

Related Posts with Thumbnails