Kamis, 15 April 2010

NEWS


News, sebuah kata yang pastinya sangat tidak asing untuk di telinga kita.
Dimana arti kata dari news dalam Bahasa Indonesia adalah "berita", yaitu sesuatu yang mengabarkan fakta, ide, atau sesuatu yang baru yang benar-benar terjadi dan dibicarakan di di berbagai media dan penting untuk dikonsumsi orang banyak.
Tetapi, selebihnya apakah para bloggers mengetahui asal kata "news" ini? (semoga para bloggers sudah banyak yang tau, tapi banyak juga yang belum, agar info ini berguna)

Secara Etimologi "news" adalah..
News dikembangkan sebagai penggunaan khusus bentuk jamak dari "new" pada abad ke-14. Dalam Bahasa Inggris Pertengahan , kata ekuivalen adalah newes , seperti Perancis Nouvelles dan Jerman Neues . Pembangunan agak serupa ditemukan di setidaknya tiga bahasa Slavia ( Ceko , Slovakia dan Polandia ), di mana terdapat kata noviny ("berita"), yang dikembangkan dari kata NovĂ˝ ("baru").

Tetapi, sebuah etimologi rakyat menyatakan bahwa news adalah singkatan dari kata: North East West dan South (NEWS). Yang dapat ditangkap oleh penalaran kita menjadi "seluruh arah yang dihubungkan menjadi satu, dan akhirnya munculah banyak fakta yang menimbulkan berita"


Lalu, sebenarnya fakta manakah yang benar?
Beberapa menyatakan, bahwa news benar adanya dari singkatan kata "Utara,Timur, Barat, dan Selatan", tetapi baru saja saya menemukan fakta unik bahwa ternyata news justru bukan berasal dari singkatan nama 4 nama arah mata angin tersebut.

Sebelum saya membahas lebih lanjut masalah ini, saya teringat perkataan salah satu pembimbing tes TOEFL saya beberapa waktu lalu, dia mengatakan bahwa news adalah gabungan dari keempat nama mata angin tersebut. Sedangkan saya berpendapat bahwa news berasal dari kata "new" yang menjadikan suatu pembahasan yang "baru" yang kemudian disebarkan kepada khalayak luas dan menjadi suatu yang patut diperbincangkan (lho? kok jadi mirip slogan salah satu infotainment ya? hehe).
Balik ke topik:
Saya sempat kagum dengan asal kata NEWS tersebut yang berasal dari nama empat mata angin. Tetapi, fakta yang saya temukan baru saja justru mengatakan sebaliknya.
Bersumber dari link: http://www.snopes.com/language/acronyms/news.asp
Saya menarik kesimpulan, bahwa saya lah yang benar mengenai asal kata "news" tersebut dibanding pembimbing tes TOEFL saya.
Ternyata, kata news benar berasal dari kata "new" yang sebenarnya adalah kata sifat (bukan kata benda) tetapi dapat memiliki makna luas.


Jadi, kesimpulannya. Asal kata news ternyata bukanlah dari gabungan nama keempat nama mata angin, tetapi dari kata "new" yang berartikan "baru" yang didukung bukan hanya dari arti kata "new" dalam bahasa inggris sehingga memiliki fungsi jamak. Tetapi didukung pula oleh beberapa bahasa lain seperti Rusian, Polandia, dan France.

6 comments:

Rizky2009 mengatakan...

klau yg kaya gini mah aq g ngerti, g bisa bhsa inggris soalnya

nurul sora mengatakan...

@Rizky:
hehe. sebenarnya ak juga gak paham 100% sih, tapi paham secara garis besar aja. dari yang ku baca.. intinya ya ternyata arti kata news bukan dr nama 4 arah mata angin :p

Rinda mengatakan...

oh gt y rul,,jd tw kk,,mksh y udah sharing ~_~

Nurul Fitri Sora mengatakan...

@Rinda:
sama-sama kak ^^

aan mengatakan...

bad news or good news??..

perdana disini sekalian follow...

nurul sora mengatakan...

@aan: hehe. baca aja. ini bukan soal bad news/good news.
tapi ini soal "news" nya sendiri. mohon dibaca seksama ^^

terima kasih follownya :)

Posting Komentar

Mohon kritik & sarannya yang membangun...
jangan menjatuhkan, ataupun semacamnya.
Terima kasih atas partisipasinya ^^

Related Posts with Thumbnails